Minggu, 24 Mei 2009

Facebook vs Muxlim

Facebook, Ada yang pernah denger? Yahh,. Kalo ntu mah udah makanan sehari-hari,…

Kalo’ Muxlim? Hmm,.. apaan tuh? ^^

Padahal tau ga sejarah FB?

Yassudahlah,. Daripada cuap-cuap ga’ jelas gini,. Let me explain those sites,. ^^

Kayaknya, nggak perlu telalu detil-detil amat soal FB,. Toh, penjelasan singkat pun sudah cukup untuk melacak apa itu FB,.

Asal tau aja, Facebook itu situs jaringan sosial yang diluncurkan pada 4 februari 2004 (Wikipedia.org). FB pertama di_design oleh mahasiswa Harvard University keturunan yahudi bernama Mark Zuckerberg. Si pen-design ini konon kabarnya adalah mahasiswa yang aktif sebagai anggota Alpha Epsilon Pi (perkumpulan mahasiswa yang bertujuan mencetak kader-kader tangguh calon pemimpin bangsa yahudi di masa depan). So,. Mark Zuckerberg ini juga bisa dibilang calon calon pemimpin yahudi dong? ^^

Pada awal kemunculannya, FB ga’ diprediksi bakal se_sukses ini. Awalnya FB hanya didesain buat siswa Harvard College saja. Tapi kemudian keanggotaannya diperluas ke sekolah-sekolah di wilayah Boston, Rochester, Stanford, NYU, dan Northwestern. Hingga juli 2007, anggotanya sudah mencapai 34 juta (waa… banyak juga ^^).

Sama seperti pendahulunya (Friendster a.k.a FS), FB juga berfungsi sebagai alat komunikasi. Bahkan dengan berbagai fasilitas tambahan seperti web chat, FB nampaknya sudah berhasil menggeser kepopuleran FS.

Namun, dibalik segala kelebihannya, FB juga membawa dampak negatif yang lumayan banyak. Pernah sekali waktu ada seorang ibu yang hamper bercerai karena FB (Lah kok? ^^). Usut punya usut, si ibu terlalu keranjingan FB sampai-sampai lupa kewajibannya sebagai seorang istri dan ibu bagi anak-anaknya. Selain itu, coba hitung berapa banyak dana yang dihabiskan orang-orang buat ongkos internet buat akses FB.

That’s about FB. Next, let’s check Muxlim.com

Muxlim.com, sama seperti FB merupakan situs jejaring sosial, Cuma khusus diperuntukkan buat umat muslim saja. Situs ini ga’ kalah hebat sama FS, FB dan MySpace. Dan karena diperuntukkan buat muslim, so pasti ga ada content yang vulgar dan porno.

Situs ini pertama diluncurkan pada 2006. Muxlim Inc yang didirikan Mohamed El-Fatatry dan Pietari Paivenen—yang berbasis di Finlandia—tersebut telah berhasil mendulang sukses. BBC menyatakan Muxlim sebagai salah satu situs jejaring sosial yang tumbuh paling cepat di dunia.

Situs ini menawarkan 3 layanan: My Muxlim, situs jejaring sosial yang menghubungkan lebih dari 10 juta muslim di 190 negara; Search.Muxlim.com, yang berfungsi sebagai situs pencarian situs-situs muslim serta seluruh web; dan Quran.Muxlim.com, Al-Quran on line dengan terjemahan 25 bahasa.

Kabarnya Muxlim ini lebih simple daripada FB. Sama seperti FB, di Muxlim pun kita dapa meng-upload image dan video, main games, posting blog, forum sama bikin polling. Tentu saja sudah termasuk fasilitas kirim-kiriman pesan dan chatting. Untuk keluar, klik tombol sign off, bukan log out ataupun log off. 1 kekurangan situs ini, belum ada versi bahasa Indonesia. But it’s not a big deal, rit?

(Diadaptasi dari Majalah Elfata edisi 05 volume 09-2009)

0 komentar:

Search in the Quran
Search:
Download | Free Code
www.SearchTruth.com