Jumat, 15 Mei 2009

Rasulullah dan Kepemimpinan dalam Islam

Setiap manusia terlahir sebagai khalifah di muka bumi. Hal ini sudah merupakan hal yang tak mungkin kita tampik lagi. Tapi apakah kita sudah berhasil dengan ‘fungsi penciptaan’ diri kita tersebut? Nampak pertanyaan yang susah dijawab ^^
Sebelum berbicara KEPEMIMPINAN, pertama mari kita lihat sifat-sifat yang dimiliki oleh seorang pemimpin. Sifat-sifat tersebut diantaranya:
  • Tanggung jawab
Tanggung jawab adalah satu hal penting yang harus dimiliki seorang pemimpin. Bayangin aja gimana kalo pemimpin kita ga’ ada tanggung jawabnya,.. mau dibawa kemana nasib kita? ^^
  • Pengorbanan
Hal ini penting juga dimilikin sama seorang pemimpin, since yang namanya organisasi, jabatan ato’pun badan2 yang tentunya ngelibatin banyak kepala dengan isi yang berbeda bakalan ngehadepin banyak masalah, yang tentunya butuh banyak pengorbanan. Seorang pemimpin yang baik bakal dengan ikhlas n tanpa perlu diminta berkorban buat apa yang dipimpinnya.
  • Kerja keras dan Kerja Cerdas
Tanpa kerja keras, seems so impossible buat sebuah organisasi bisa sukses. Tapi kerja keras aja ga’ cukup,. Kecerdasan juga ikut ngaruh. Sekeras apapun kita usaha, kalo’ ga dibarengin sama pertimbangan-pertimbangan yang bener apapun yang kita bikin ga’ kan ngehasilin sesuatu yang maksimal.
  • Kewenangan melayani
Ini merupakan poin yang sangat menentukan kualitas kepemimpinan seseorang. Pemimpin yang baik ga’ mikir apa yang bisa dikasih sama organisasi buat dia, tapi justru apa yang bisa dia berikan buat organisasi yang dipimpinnya.
  • Keteladanan dan Kepeloporan
Pemimpin yang baik selalu berada di barisan terdepan dalam kondisi apapun. Pemimpin yang berkualitas ga’ kan pernah mikir buat lemparin tanggung jawab sama anak buah saat terjadi masalah.
Dan satu contoh pemimpin yang dengan sempurna berhasil memiliki semua sifat tersebut adalah Rasulullah SAW, terbukti dengan kemampuan beliau mengurus kekhalifahannya, dan semua contoh yang diberikannya berkaitan dengan kepemimpinan umat. Beliau yang selalu berada di barisan terdepan dalam setiap perang dan tak pernah lari maupun bersembunyi dibalik para sahabat saat ancaman datang, bahkan tetap memegang tanggung jawab atas umatnya hingga detik terakhir hidupnya.
Lantas sudahkah kita mampu meneladani beliau?
Atau lebih tepatnya
Sudahkah kita berniat meneladani beliau?

0 komentar:

Search in the Quran
Search:
Download | Free Code
www.SearchTruth.com